Ayo Kita Belajar Karena Belajar Itu Sungguh Menyenangkan

Rabu, 30 Januari 2013

INDIKATOR CBSA


INDIKATOR CBSA
Indikator CBSA akan dilihat dari lima komponen, yaitu aktiviatas belajar anak didik, aktivitas guru, program belajar anak didik, situsasi belajar. Lebih jelas ikuti uraian dibawah ini:
A.  Aktivitas belajar anak didik
1.    Anak didik belajar secara individual untuk menerapkan konsep, prinsip, dan generalisasi.
2.   Anak didik belajar dalam bentuk kelompok untuk memecahkan masalah.
3.   Setiap anak didik berparisipasi dalam melaksanakan tugas belajarnya melalui berbagai cara.

4.   Anak didik berani mengajukan pendapat.
5.   Ada aktivitas belajaranalisis, sintesis, penilaian dan kesimpulan
6.   Antar anak didik terjalin hubungan sosial dalam melaksanakan kegiatan belajar.
7.   Setiap anak didik bisa mengomentari dan memberikan tanggapan terhadap pendapat anak didik lainya.
8.    Setiap anak didik berkesempatan menggunakan berbagai sumber belajar yang tersedia.
9.    Setiap anak didik berupaya menilai hasil belajar yang dicapainya.
10.     Ada upaya dari anak didik untuk bertanya kepada guru dan atau meminta pendapat guru dalam upanya kegiatan belajarnya.
B.  Aktivitas guru mengajar
1.    Guru memberikan konsep esensial bahan pengajaran.
2.   Guru mengajukan masalah dan atau tugas-tugas belajar kepada anak didik, baik secara individual atau kelompok.
3.   Guru memberikan bantuan mempelajari bahan pengajaran dan atau memecahkan masalahnya.
4.   Guru memberi kesempatan kepada anak didik untuk bertanya.
5.   Guru mengusahakan sumber belajar yang diperluka oleh anak didik.
6.   Guru memberikan bantuan atau bimbingan belajar kepada anak didik  baik individual maupaun kelompok.
7.   Guru mendorong motivasi belajar anak didik melalui pemberian penghargaan dan atau hukuman.
8.    Guru menggunakan berbagai metode dan media pengajaran dalam proses mengajarnya.
9.    Guru melaksanakan penilaian dan monitoring terhadap proses dan hasil belajar anak didik.
10.     Guru menjelaskan tercapainya tujuan belajar dan menyimpulkan pengajaran serta tindak lanjutnya.
C.   Program belajar
1.    Program belajar disajiakan dalam bentuk uraian dan masalah harus dipelajari dan dipecahkan oleh anak didik.
2.   Bahan pengajaran mengandung fakta, konsep, prinsip, generalisasi dan keterampilan.
3.   Setiap bahan pengajaran dapat mengembangkan kemampuan penalaran anak didik.
4.   Bahan pengajaran diperkaya dengan media dan alat bantu.
5.   Bahan pengajaran menantang anak didik untuk melakukan berbagai aktivitas belajar.
6.   Lingkup bahan pengajaran sesuai dengan kemampuan anak didik dan mengacu pada kurikulum yang berlaku.
7.   Urutan bahan pengajaran disusun secara sistematis mulai dari yang sederhana menuju yang lebih kompleks.
8.    Bahan pengajaran yang dipelajari anak didik dimulai dari apa yang telah diketahuinya.
9.    Program belajar dituangkan dalam bentuk suatu pelajaran yang siap pakai dan dapat dioprasikan.
10.     Program belajar dapat melanyani perbedaan kemampuan anak didik.
D.   Suasana belajar
1.    Tercipta suasana belajar anak didik yang bebas untuk melakukan interaksi sosial dengan anak didik lainnya.
2.   Terjalin hubungan sosial yang baik antara guru dengan anak didik .
3.   Ada persaingan yang sehat antar kelompok anak didik.
4.   Tercipta suasana belajar anak didik yang menyenangkan dan menggairahkan, bukan paksaan dari guru.
5.   Dimungkinkan aktivitas belajar diluar kelas (bila diperlukan)
E.   Sarana belajar
1.    Berbagai sumber belajar tersedia dan dapat diguanakan oleh anak didik.
2.   Fleksibilitas pengaturan ruang dan tempat belajar.
3.   Media dan alat bantu pengajaran tersedia dan dapat dimamfaatkan oleh anak didik.
4.   Setiap anak didik dapat menjadi sumber belajar bagi anak didik lainya.
5.   Guru bukan satu-satunya sumber belajar bagi anak didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar